Jumat, 14 Oktober 2016

Pulau Derawan


Membahas mengenai wisata alam kalimantan tentu tidak akan pernah habisnya.. semakin kita explore, maka akan semakin indah.

Pulau derawan, Berada di Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Surga yang tersembunyi yang berada di sudut Kalimantan. Kepulauan derawan menawarkan objek bahari yang menawan.

Ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Hmmm... semakin penasaran saja ya...



Apa yang anda akan dapat disana;

a. Terumbu Karang
b. Ikan Karang
c. Padang Lamun
d. Mangrove
e. dan sejuta keindahan yang tidak terlupakan..hehhe

Aktifitas yang biasa dilakukan adalah berjemur di pantai, berenang, snorkeling, diving, serta melihat penyu. Ada banyak tempat penyewaan alat snorkeling di Pulau Derawan dengan tarif sekitar dan Rp. 50.000 per hari. Sedangkan bagi para diver juga tersedia beberapa Dive Centre dengan alatnya yang lengkap.

intip foto-fotonya yang banyak tersebar di dunia maya;

Pulau Derawan


Rute menuju derawan seperti dikutip dari backpackerborneo.com;

1. Via Darat:

Bagi yang sudah berada di Kalimantan bisa dengan jalan darat yang sudah tersambung walaupun di beberapa tempat jalannya masih rusak.

Rutenya: Palangkaraya –> Banjarmasin -> Balikpapan -> Samarinda -> Tanjung Redeb -> Tanjung Batu -> Pulau Derawan.

Rincian Biaya:

Banjarmasin-Samarinda (Bus) = Rp. 120.000-150.000
Samarinda – Tanjung Redeb (Travel semacam mobil Avanza)= Rp. 275.000-300.000
Tanjung Redeb – Tanjung Batu (Travel semacam mobil Avanza) = Rp. 100.000
Tanjung Batu – Pulau Derawan (Speedboat) = Rp. 100.000

Nah sisa disesuikan dengan lokasi anda ya..hehehe

2. Via Udara:

Untuk via udara dari kota asal ada banyak penerbangan menuju Balikpapan, kemudian dari Balikpapan bisa melalui dua cara, yaitu lewat Berau atau lewat Tarakan. Kedua cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing masing. Yang lewat Tarakan kelebihannya adalah lebih murah dan lebih banyak pilihan penerbangannya dari pada melalui Berau.

Namun yang dari tarakan lebih jauh jalur lautnya untuk menuju Pulau Derawan dan tidak ada speedboat reguler atau untuk umum, sehingga harus menyewa sendiri. Lewat Tarakan lebih mudah bagi yang berangkat secara rombongan.

Sedangkan dari Berau lebih mudah bagi yang sendiri karena ada banyak mobil travel umum menuju Tanjung Batu dan Speedboat umum menuju Pulau Derawan.

Maskapai yang melayani penerbangan Balikpapan ke Berau dan Balikpapan: Sriwijya Air, Wings Air, Kalstar, Garuda Indonesia. Untuk harga bervariasi tergantung musim dan maskapai, silahkan cek di masing-masing web untuk membandingkan harga.


Homestay / Penginapan;

Ada banyak tempat pilihan untuk menginap di Kepulauan Derawan, dari tingkat penginapan, homestay sampai Resort semua tersedia, tegantung budget anda yang tersedia.

Tempat yang paling lengkap ada di Pulau Derawan, yang paling murah adalah Penginapan Ilham (Rp. 100.000), untuk Homestay di Rumah penduduk sekitar Rp. 250.000. Di atas itu ada cottage yang di bangun di atas laut (Sekitar Rp. 300.000) serta Resort dengan harga di atas lima Ratus Ribu Rupiah hingga jutaan.

Alternatif lain untuk tinggal adalah di Pulau Maratua, di sini juga bisa menginap di homestay penduduk, tapi tarifnya lebih mahal sedikit daripada di Pulau Derawan. Yang punya uang lebih juga bisa mencoba menginap di Maratua Paradise Resort yang terkenal, tarinya permalam dari Rp. 990.000,- per orang per malam untuk Water Villa, dan Rp. 660.000,- per orang per malam untuk Beach Villa.

Dua pulau lain yaitu Pulau Nabucco dan Sangalaki cuma ada satu buah resort yang bayarnya pakai dolar.

Siapkan kocek anda.. dan jangan ragu untuk mengelilingi pulau derawan dan nikmati liburan anda




1 komentar

wah keren gan artikelnya, bermanfaat sekali

salam dari rental mobil


EmoticonEmoticon